Hanya 3 Hari Jadwal Pendaftaran Cabup Cawabup Boltim

POSTotabuan.com — Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) segera memasuki tahapan pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati pada September ini. Sejumlah persiapan pun tengah dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim.

Komisioner Divisi Teknis KPU Boltim Abdul Kader Bachmid mengatakan, pendaftaran paslon dibuka selama tiga hari, yaitu mulai 4 sampai 6 September 2020.

Namun, sebelum para bakal paslon mendaftar, KPU mengingatkan agar pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati melengkapi dokumen pencalonan yang disyaratkan.

“Syarat yang telah kita umumkan ke publik harus dipenuhi, “ ujar Kader Rabu (2/9/2020).

Ia mengatakan meskipun, dalam prosesnya ada tahapan perbaikan, tetapi paling tidak hal-hal yang menjadi syarat utama wajib terlampir. Karena itu, jika ada kekurangan pada berkas syarat pencalonan, pasangan calon bisa melengkapinya pada hari berikutnya, selama pendaftaran masih dibuka yakni dari 4-6 September 2020.

“Jadi jika mendaftar pada 4 September, lalu ada kakurangan berkas pencalonan dan dinyatakan KPU tidak memenuhi syatat (TMS) bisa dilengkapi pada 5-6 September. Namun, tidak bisa hingga 7 September, “ tegasnya.

Hal penting juga yang harus disiapkan oleh pasangan calon selain administrasi lain berupa B1 KWK dan SKCK, juga surat keterangan tidak memiliki tanggungan utang dari pengadilan dan hasil swab mandiri dari bakal paslon,

“Hasil tes swab dan surat bebas utang wajib ada saat pendaftaran nanti, “ katanya.

Ia juga menambahkan karena sedang terjadi pandemi Covid-19, yang akan mengantar atau yang bisa masuk di ruangan pendaftaran KPU hanya bakal pasangan calon dan pengurus partai.

“Kita batasi. Hanya 36 orang yang bisa masuk diruangan pendaftaran, yakni pasangan calon, LO dan pengurus partai pengusung, dengan menerapkan protokol kesehatan,” tambahnya.(red)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*