Warga Sudah Bisa Cetak Kartu Keluarga Sendiri Gunakan Kertas HVS

Boltim, POSTotabuan.com – Sebagai upaya kemudahan pelayanan publik bidang administrasi kependudukan, warga kini sudah bisa cetak kartu keluarga (KK) sendiri gunakan kertas HVS ukuran 4A berat 80 gram.

“Yang sebelumnya kertas yang dipakai berwarna biru menggunakan jenis security printing, maka sekarang berwarna putih dengan kertas HVS spek A4 80 gram dan disertai barcode yang bisa dilakukan pencentakan sendiri oleh penduduk setelah mendapat password dari Dindukcapil, “ kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusmin Mokoagow, Senin (6/7/2020).

Dia mengatakan sistem elektronik cetak administrasi kependudukan sendiri sudah dimulai tanggal 1 Juli 2020, namun untuk Boltim baru dimulai tanggal 2 Juli. Selain kertu keluarga, akte kelahiran akte kematian dan administrasi lainnya juga bisa cetak sendiri.

“Untuk menghindari kekeliruan data ketika mencetak sendiri, maka perlu email dari pemohon dan password dari Dukcapil, sekaligus nanti ada verifikasi ulang data,” terang dia.

Rusmin menjelaskan, bahwa terkait penggunaan kertas HVS tersebut sesuai peraturan menteri dalam Negeri (Permendagri) nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan.

“Penggunaan kertas HVS dengan spek A4 80 gram untuk KK dan Akta Capil tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 109 Tahun 2019 tentang formulir dan buku yang digunakan dalam administrasi kependudukan, “ jelasnya.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*