Sehan: Maju Pilgub Karena Terdorong

POSTotabuan.com — SETELAH penantian berbulan-bulan, langkah politik Sehan Landjar akhirnya terjawab. Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang populis dengan sebutan Eyang, dipastikan akan maju sebagai Calon Wakil Gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) 2020, berpasangan dengan Christiany Eugenia Paruntu (CEP) yang juga Bupati Minahasa Selatan (Minsel).

Langkah Sehan maju Pilgub dikatakan pasti, hal dibuktikan dengan keluarnya surat keputusan (SK) yang di umumkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar dan DPP PAN, dimana CEP-Sehan sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut.

Terkait hal ini Sehan mengatakan bahwa sebenarnya ia tidak ada keinginan maju di Pilgub, akan tetapi karena terdorong.

Keinginan menurut dia, ketika terpilih nanti pastinya ada sekat antara gubernur dan wakil bubernur. Tetapi kalau terdorong, maka ketika jatuh mereka sendiri mengangkatnya.

“Jadi keinginan dengan terdorong itu berbeda, “ tegasnya.

Sehan Bisa menaikan digit kekuatan pasangan

Sebelumnya pengamat Politik Sulut, Ferry Liando mengatakan nama-nama yang muncul sebagai bakal calon Gubernur di media seperti Olly Dondokambey, Tetty Paruntu,  Vonny Panambunan dan Elly Lasut adalah figur-figur yang memiliki kelebihan masing-masing. Sehingga untuk sekarang kata dia sulit mencari pembeda diantara mereka.

“Kesulitan itu karena semuanya seimbang. Sehingga untuk menentukan  pembeda antara mereka adalah sosok calon wakil gubernur, “ kata Ferry.

Menurutnya, calon wakil gubernur bisa saja akan menaikan digit kekuatan electoral yangg kemudian bisa berbeda dari bakal calon lain, maka pasangan bakal calon wakil kepala daerah sangat menentukan dan itu ada pada sosok Sehan Landjar.

Sehan Landjar kata dia, merupakan bupati di salah satu kabupaten di Bolaang Mongondow Raya (BMR). Sehingga, jika Sehan menjadi calon wakil gubernur, maka akan berpotensi menjadi daya tarik bagi pemilih di sana. Isterinya yang berasal dari Gorontalo bisa juga mempengaruhi pemilih-pemilih warga atau etnik Gorontalo di Sulut, sebab populasi masyatakat etnik Gorontalo di Sulut sangat banyak.

Bahkan Sehan juga bisa menjadi daya tarik bagi pemilih muslim. Jadi siapapun calon yang berhasil mengajak beliau akan sangat mempengaruhi elektabilitas pasangan.

Hanya saja hambatan terberat bagi pasangan calon gubernur dengan Sehan Landjar  ini menurutnya adalah pertama ketika ada calon lain yang juga mengsung putra BMR lain dalam posisi yang sama.

“Jika ini terjadi maka peluangnya akan melemah karena suara BMR akan terpecah pada beberapa pasangan calon. Kedua, jika Walikota Kotamobagu, Bupati Bolmong dan Bupati Bolsel tetap konsisten mendukung incumbent Olly Dondokambey maka suara BMR akan terbagi-bagi. Dua hal inilah yang bisa saja menghambat pencalonannya, “ paparnya.

tim redaksi

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*