foto chindi
foto chindi

Peran Pers Penting Untuk Mengawal Pilkada

POSTotabuan.com — Gandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim menggelar sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubbernur Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim tahun 2020.

Sosialisasi yang digelar di Kedai Naton Desa Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, Rabu (29/7/2020) mendatangkan narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Sulut, Meidy Tinangon dan Jerry Sumampow Koordinator Komite Pemilihan Indonesia (KPI).

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana atas diskusi bersama Ketua PWI Boltim Faruk Langaru bersama teman-teman wartawan beberapa waktu lalu.

“Momentum ini telah kami siapkan untuk teman-teman wartawan, untuk agenda sosialisasi tahapan Pemilihan Gubernur dan Bupati. Kami sangat mengharapkan peran media, karena Pers adalah pilar ke empat demokrasi dalam pengawalan pemberitaan terutama pada pesta demokrasi saat ini. Sangat penting keterbukaan informasi, agar semua tahapan diketahui oleh public, “ kata Jamal.

Di tempat yang sama Komisioner KPU Provinsi, Meidy Tinangon mengatakan gelaran Pilkada Boltim memang perlu menggandeng media agar bisa booming dan viral.

“Kalau Pilkada Boltim viral, maka ini akan merangsang partisipasi pemilih datang ke TPS. Jadi kalau partisipasi pemilih naik maka KPU Boltim dikatakan sukses karena mempetahankan tren partisipasi pemilih di atas 80 persen, “ kata Meydi.

Sementara ditegaskan Koordinator Komite Pemilihan Indonesia, Jerry Sumampow sebagai pilar ke empat demokrasi pers harus benar-benar menyampaikan fakta dan data.

Ia mengatakan guna menjaga profesionalisme dan kepercayaan public, maka dalam melaksanakan fungsinya, pers dituntut profesional dan terbuka untuk dikontrol masyarakat. Namun, disisi lain, pers sering melanggar kode etik jurnalistik dalam setiap pemberitannya, makanya kenapa sekarang ini muncul yang disebut pilar ke lima yakni media sosial.

“Karena hal tersebut, sehingga masyarakat sekarang kebanyakan menyampaikan aspirasinya lewat media sosial. Jadi lewat pertemuan ini saya harap pers dapat menjalankan fungsinya dengan baik, “ ujarnya.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*