Masjid di Boltim Terapkan Protokol Kesehatan Saat Salat Id

POSTotabuan.com – Pelaksanaan salat Idul Adha atau salat Id di masjid diwilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang jatuh pada hari ini 31 Juli 2020 terasa berbeda dengan salat Id tahun sebelumnya, karena pandemi Covid-19. Tapi umat Islam di Boltim tetap bisa melaksanakan dan penyembelihan hewan kurban, namun tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pantauan media ini petugas dari dinas kesehatan telah disiagakan di setiap masjid. Seperti terlihat di masjid Annur Bulawan Satu, Kecamatan Kotabunan, para jamaah yang datang melaksanakan salat Id harus diukur dulu suhu badannnya baru bisa diizinkan masuk ke dalam masjid.

Iman masjid Annur Bulawan Satu, Bonjol Tampoi mengatakan penerapkan protokol kesehatan pada salat Id berdasarkan surat edaran dari Kapolres Boltim, dimana  mewajibkan para jamaah yang hadir untuk memakai masker dan mencuci tangan secara berkala menggunakan air mengalir ataupun hand sanitizer.

“Boltim memang zona hiijau, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai edaran Kopolres Boltim, “ kata Tampoi.

Selain salat Id, dalam surat edaran tersebut juga dijelaskan dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban harus memenuhi persyaratan penerapan jaga jarak fisik (physical distancing), penyelenggara mengatur kepadatan di lokasi penyembelihan, dan hanya dihadiri oleh panitia dan pihak yang berkurban.

“Kita harus ikut anjuran ini meskipun Boltim masih zona hijau Covid-19, “ ujarnya.(red)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*