Empat Dewan Adat Beri Gelar Bintang Tertinggi Untuk Bupati Boltim

POSTotabuan.com – Empat dewan lembaga adat di Bolaang  Mongondow Raya (BMR) yakni, Kaidipang, Bintauna, Bolango dan Bolaang Mongondow memberikan gelar Tule Molantud atau Bintang Tertinggi kepada Bupati Bolaang  Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar.

Pemberian gelar adat ini dilaksanakan di rumah dinas Bupati di Desa Togid, pada Senin (20/7/2020).

Iqbal Datunolang dari dewan adat Kaidipang mengatakan, maksud dan tujuan penganugerahan gelar adat kepada Bupati Boltim untuk menggali potensi potensi budaya yang ada di Bolaang Mogondow Raya sebagai mana yang telah diamanatkan oleh leluhur, para raja di empat eks swapraja di Bumi Totabuan.

“Kami menilai bahwa Sehan Landjar mampu sebagai tokoh pemersatu dan panutan di  Bolaang Mongondow Raya, sehingga gelar ini kita serahkan kepada beliau, “ kata Iqbal, diiyakan oleh Saleh Gobel dewan adat Bolango, Saud Komangki dewan adat Bintauna dan Opal Paluda dari dewan adat Mongondow.

Semantara, Bupati Boltim Sehan Landjar menyampaikan rasa terimakasih yang setinggi tingginya kepada empat lembaga atas pemberian kehormatan dalam bentuk penganugerahan gelar adat tertinggi.

Ia mengatakan, bahwa pemberian gelar ini bukan sesuatu yang mudah, namun atas dukungan dari bapak ibu dan atas rahmat dari Allah SWT insya Allah saya mampu mengemban amanat ini.

“Terimakasih kepada masyarakat Bolaang Mogondow pada umumnya dan Bolaang Mongondow Timur khususnya atas bantuan dan partisipasinya untuk membangun daerah kita tercinta Bolaang Mongondow Pinonobatuan, “ kata Bupati.

Hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Boltim Rusdi Gumalangit, Ketua DPRD Fuad Landja, Kapolres Boltim AKBP. Irham Khalid, SIK, Perwira Penghubung Mayor Inf. Supardi, Ketua Pengadilan Agama Boltim, seluruh pejabat tinggi pratama, kabag, camat dan sangadi, kepala sekolah se Boltim, tokoh agama, tokoh perempuan dan tokoh pemuda.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*