Boltim Miliki WRS Untuk Deteksi Gempa dan Tsunami

POSTotabuan.com – Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akhirnya memiliki alat pendeteksi dini gempa dan tsunami.

Sekertaris Dinas Kominfo Boltim Fitra Damopolii mengatakan, alat yang disebut Warning Receiver System (WRS) merupakan bantuan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Alhamdulillah, Pemkab Boltim memiliki alat diseminasi informasi dan peringatan dini gempa bumi serta tsunami yang disebut dengan WRS, “ kata Fitra, kepada Wartawan Kamis (16/7/2020).

Sementara Kepala BPBD Boltim Elvis Siagian mengatakan, bahwa perangkat ini memang telah diusulkan oleh pak Bupati Boltim ke Lembaga Pemerintah Non Kementerian BMKG agar di Kabupaten Boltim dapat dipasang alat pendeteksi gempa dan tsunami, karena Boltim sebahagian besar adalah wilayah pesisir yang berbatasan langsung dengan laut Maluku yang merupakan daerah lintasan lempengan gempah.

“Atas usulan tersebut, alat ini sudah ada. Kedepan alat ini akan kami koordinasikan dengan Dinas Kominfo untuk pemanfaatannya, menginggat, apabilah terjadi bencana gempa yang berpotensi tsunami, informasi terkait dengan keadaan tersebut, segera dan cepat terinformasi ke masyarakat, “ kata Elvis.

Bupati Sehan Landjar pun menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat melalui BMKG Provinsi.

“Terima kasih kepada BMKG Provinsi atas bantuan WRS, “ kata Bupati.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*