BKPSDM Boltim Imbau Waspada Calo CPNS

Boltim, POSTotabuan.com- Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati ketika berhadapan dengan para oknum yang menjanjikan dapat meloloskan seseorang menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala BKPSDM Boltim Rezhah Mamonto mengatakan bahwa janji seperti itu pasti bohong besar karena tidak ada seorang pun yang bisa mempengaruhi hasil seleksi CPNS yang diselenggarakan pemerintah.

“Perlu saya himbau kepada pelamar CPSN Kabupaten Boltim tahun anggaran 2019 yang telah dinyatakan lulus SKD dan berhak ke tahap SKB, jangan mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya. Apalagi percaya dengan oknum yang mengatasnamakan suatu instansi tertentu dan menjanjikan kelulusan. Itu tidak benar, “ kata Rezhah, Sabtu (13/6/2020).

Dia menjelaskan dalam mengikuti tes CPNS, kunci kesuksesannya tidak terletak pada janji seseorang, tetapi pada kemampuan diri sendiri dalam mengerjakan soal-soal tes dan menyelesaikan proses seleksi. Sistem penerimaan CPNS bersifat transparan dan akuntabel, tidak mungkin ada orang bisa mengutak-atik hasilnya.

Seseorang yang mengikuti proses tes CPNS akan berhadapan dengan system Computer Assisted Test atau CAT yang tidak bisa dibohongi, dipermainkan, atau disuap. Prosesnya secara online melalui komputer dan hasilnya bisa dilihat langsung oleh peserta seleksi. Dengan sistem seperti itu, proses untuk titip-menitip sama sekali tertutup rapat-rapat.

“Tes dilakukan secara online melalui komputer. Hasilnya terpampang langsung di layar monitor. Dari hasil tersebut, seorang peserta dapat mengukur kemampuan diri sendiri sehingga bisa memperkirakan lulus atau tidak lulus, “ jelasnya.

Rezhah mengatakan, pada seleksi CPNS tahun 2019, Pemkab Boltim hanya mendapatkan jatah 97 pegawai, dengan rincian pendidikan atau guru 21 orang, kesehatan 22 orang dan formasi teknis 54 orang. Namun yang lulus SKD sebanyak 300 orang lebih.

“Jika keadaan sudah normal, kita segera lakukan tes SKB, “ katanya.

redaksi

 

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*