Warga Boltim Akhirnya Terima BST Kemensos

POSTotabuan.com, Boltim-Keluarga penerima manfaat atau KPM di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akhirnya menerima bantuan sosial tunai (BST) Kementrian Sosial (Kemensos).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Boltim Hamdi Egam mengatakan, proses pembagian BST untuk KPM di Boltim terdampak Covid-19 sudah mulai dilakukan oleh Kantor Pos Cabang Kota Kotamobagu.

“BST untuk KPM di Boltim mulai di salurkan di Kecamatan Modayag Barat, “ kata Hamdi, meneruskan rilis dari Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Slamet Umbola, Jumat (15/5/2020).

Selanjutnya kata dia, pada hari Sabtu tanggal 16 jadwal penyaluran di Kecamatam Modayag, kemudian Minggu tanggal 17 di Kecamatan Nuangan, Senin tanggal 18 Kecamatan Kotabunan, Selasa tanggal 19, Kecamatan Tutuyan, Rabu tanggal 20 di Kecamatan Motongkad, terakhir Kamis tanggal 21 penyaluran di Kecamatan Mooat.

“Instruksi Bupati Boltim Sehan Landjar, mekanisme penyaluran BST di Bolaang Mongondow Timur oleh PT Pos  Kotamobagu agar tidak menimbulkan kerumunan, maka di pusatkan di masing-masing desa dengan menerapkan protokol kesehatan, “ katanya.

“PT Pos Kota Kotamobagu menargetkan untuk penyaluran BST bulan April akan selesai pada tanggal 20 Mei ini, “ tambahnya.

Sementara Kepala Dinsos Boltim Slamet Umbola mengatakan selain kantor Pos, KPM juga akan menerima BST melalui bank, yakni BNI dan BRI.

“KPM yang menerima BST melalui bank, mereka sudah yang memiliki rekening, “ kata Slamet.

Menurut Slamet, jumlah penerima BST untuk Kabupaten Bolaang Mongondow Timur sesuai dengan data Kementrian Sosial sebanyak 4.464 KPM.

“Setiap keluarga penerima manfaat akan mendapat bantuan sosial tunai Rp600 ribu per bulan, selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni, “ jelasnya.

Sebelumnya, proses penyaluran bantuan sosial tunai dari Kementrian Sosial ini diprotes oleh Bupati Boltim Sehan Lanjar. Pasalnya menurut dia, penyaluran BST tersebut dinilai terlalu ribet, dimana banyak kriteria yang harus dipenuhi oleh pihak penerima salah satunya harus buka nomor rekening.(far)

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*