KPU Boltim Tunggu PKPU Turun Terkait Penundaan Pilkada 2020

POSTotabuan.com, Boltim- Pelaksanaan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2020 dipastikan digelar pada bulan Desember. Hal ini menyusul terbitnya peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perpu) no 2 tahun 2020, tentang pelaksanaann Pilkada 2020 yang sebelumnya bulan September diundur hingga Desember.

Perppu tersebut menjelaskan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 ditunda hingga Desember 2020 karena bencana non-alam berupa wabah virus corona (Covid-19).

Terkait hal ini Sekertaris KPU Boltim Arfan Palima mengatakan pihaknya tetap menunggu diterbitkannya Peraturan Komisi Pemiihan Umum (PKPU) sebagai acuan.

“Sesuai perpu pilkada diundur sampai bulan Desember, namun untuk pelaksanaan teknisnya kami masih menunggu PKPU, “ kata Arfan, Rabu (6/5/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Ketua KPU Boltim Jamal Rahman kata dia, regulasi yang keluar itu perpu, dan untuk teknis kegiatan atau pelaksanaan pilkada, mereka masih menunggu petunjuk dari KPU RI.

“Karena ini pemilihan serentak kami menunggu petunjuk dari KPU RI, “ katanya.

Dikutip dari salinan perpu bahwa pelaksanaan pilkada serentak sendiri telah disepakati ditunda hingga Desember 2020. Apabila hingga Desember 2020, pandemi virus corona belum berakhir, maka pelaksanaan pilkada serentak dapat dijadwalkan kembali.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*