Eyang Sebutkan Sembako Itu Hak Rakyat, Bukan Bantuan

POSTotabuan.com, Boltim-Warga Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang terdampak pembatasan aktivitas corona (Covid-19) hampir sebagian besar telah menerima sembako dari pemeritah daerah. Tinggal warga tiga kecamatan wilayag pegunungan yang saat ini masih dalam proses penyaluran.

Meski demikan, Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan bahwa ratusan ton beras premium dan minyak kelapa yang dibeli dari Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik atau Perum Bulog yang dibagikan kepada masyarakat terdampak Covid-19 bukan bantuan, tetapi itu adalah hak rakyat.

Sehan menyebutkan yang punya duit adalah rakyat, sehingga tak pantas jika dikatakan bantuan.

“Di Boltim itu tidak kenal namanya bantuan, penyaluran hak rakyat. Jadi sembako ini adalah hak rakyat, “ ujarnya kepada wartawan pekan lalu.

Sehan mengatakan bahwa dalam situasi pademi seperti ini dia sebagai pelayan rakyat harus segara menyalurkan sembako karena ini wajib, tidak ada waktu untuk menunggu.

“Jadi inilah momen yang paling tepat saya harus menyalurkan haknya, “ tegas Eyang, sebutan akrabnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan ((DKP) Boltim Kissman Mamonto mengatakan penyaluran sembako tahap pertama untuk warga pesisir pantai di empat kecamatan Kobupaten Boltim, yakni Kecamatan Kotabunan, Kecamatan Tutuyan, Kecamatan Motongkad dan Kecamatan Nuangan tuntas.

“Penyaluran sembako untuk warga pesisir Boltim terdampak Covid-19 selesai. Terakhir hari ini untuk Desa Bukaka, “ kata Kissman Mamonto, Minggu (3/5/2020).

Meski demikian kata dia, jika masih ada warga pesisir yang belum dapat sembako, pemerintah desa setempat diminta segera masukan data.

“Dinas Pangan selalu siap, asalkan ada data dari pemerintah desa setempat, “ ujarnya.

Sementara untuk tiga kecamatan wilayah pegunungan yakni, Kecamatan Modayag, Kecamatan Modayag Barat dan Kecamatan Mooat, direnacanakan penyalurannya pada Senin tanggal 6 Mei.

“Sembako sudah siap di gudang penampungan. Tinggal data dari pemerintah desa. Jika data penerima dari Sangadi (Kepala Desa) sudah masuk, kami siap menyalurkan sembako ini, “ katanya.

Aksi kemanusiaan yang  dilakukan oleh Bupati Boltim Sehan Landjar membagikan sembako untuk warga Boltim yang terdampak pembatasan aktivitas akibat Covid-19 menuai reaksi positif dari warga masyarakat yang menerimanya. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih melalui postingan di media sosial facebook.

“Terima kasih kepada Kepada Pak Bupati, Dinas Ketahanan Pangan, dan seluruh perangkat desa yang ada, yang sudah menyalurkan sembako kepada kami disaat kondisi seperti ini, ” tulis warga netizen.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*