Bupati Boltim Ikuti Video Conference Dengan KPK

POSTotabuan.com, Boltim-Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar bersama Sekda, Inspektorat Daerah, Para Asisten dan Kepala SKPK terkait mengikuti Video Conference dengan KPK guna membahas Program Pencegahan Korupsi Terintegrasi untuk Memperkuat Tata Kelola Keuangan Daerah di Masa Pandemi Covid 19 di ruang rapat lantai dua kantor Bupati, Senin (4/5/2020).

Bupati Sehan Landjar melalui Kepala Dinas Kominfo Hamdi Egam mengatakan materi yang disampaikan oleh KPK dalam video conference tersebut selain penanganan masalah Covid-19, adalah evaluasi sejauh mana action plan pemerintah daerah terkait beberapa hal, yakni seperti penerapan perizinan terintegrasi dengan aplikasi, manajemen ASN, peningkatan kapasitas apip dan sebagainya.

“Ini poin-poin yang disampaikan oleh KPK kepada pemerintah daerah, “ kata Hamdi.

Terkait penanganan Covid-19, ada beberapa poin penting yang disampaikan KPK dalam rakor ini. Salah satunya mengenai pelaporan data terkait pemerintah daerah  mengalokasikan anggaran percepatan penanganan Covid-19.

KPK juga menyampaikan beberapa titik rawan dalam penanganan Covid-19. Di antaranya pengadaan barang/jasa titik rawan terjadinya kolusi, karkup harga, kickback, koflik kepentingan dan kecurangan.

“Jadi intinya yang disampaikan dalam vidcon tadi, KPK ingin mengajak pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota untuk bersama-sama mencegah korupsi atau penyelewengan anggaran terhadap bantuan penanganan Covid-19,” jelasnya.

“KPK ingin kepala daerah juga bekerja sama dengan inspektur dalam pencegahan korupsi, baik itu dalam pengadaan barang dan jasa dan lainnya yang terkait dengan penanganan pengelolaan keungan di daerah, “ jelasnya.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*