ODP di Boltim 73 Orang

POSTotabuan.com, Boltim-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Hamdi Egam mengatakan, hingga Rabu (1/4/2020), Orang Dalam Pemantaun atau ODP di Kabupaten Boltim mencapai 70an orang.

“Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan jumlah ODP di Boltim sudah 73  orang, “ kata Hamdi.

Hamdi menjelaskan, mereka yang dikatakan ODP karena mereka ini barusan pulang dari  luar daerah, seperti Jakarta, sehingga ketika mereka berada di Boltim pihak dinas kesehatan mengkategorikan sebagai OPD.

“Selama 14 hari hari mereka yang baru pulang dari luar daerah dipantau oleh dinas kesehatan. Ketika menimbulkan gejala seperti demam dan batuk mereka langsung diisolasi di rumah sakit. Sehingga statusnya berubah dari OPD menjadi PDP atau Pasien Dalam Pemantauan. Tapi Alhamdulillah, sampai saat ini Boltim masih aman atau belum ada yang postif Covid-19, “ katanya.

Mantan Kabag Humas Boltim ini mengatakan, untuk pencegahan virus corona, Pemkab Boltim terus melakukan berbagai upaya pencegahan, mulai dari penyemprotan disinfektan di jalan raya, rumah warga perkantoran maupun penjagaan di perbatasan disejumlah pintu masuk Boltim.

“Semua upaya pencegahan Covid 19 kita lakukan, agar Kabupaten Boltim tidak ada yang terjangkit penyakit berbahaya ini, “ ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan agar warga Boltim terbebas atau tidak akan terjangkit virus corona, maka jaga kesehatan tubuh, jangan bepergian ke luara daerah dan tetap berada di dalam rumah.

“Menahan diri dan tetap berada di rumah. Ikuti instruksi pemerintah agar kita tidak tertular virus berbahaya ini, “ imbuhnya.

Bupati juga mengintruksikan kepada tim gugus tugas, setiap orang yangg masuk Boltm dilakukan penyemprotan disinfektan ke sekujur badan.

“Setiap warga masuk Boltim, diperiksa suhu badan, disemprotkan disinfektan dan setiba di tempat tujuan yakni diwilahyah Boltim agar bersangkutan segera mengganti pakaian yang digunakan, mandi, baru bisa berinteraksi dengan orang di sekitar, “ tegasnya.

Berikut Data Covid-19 Rabu 1 April 2020 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Boltim

far

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*