118 Siswa SD se Boltim Ikut Seleksi KSN Tingkat Kabupaten

Sebanyak 118 Siswa Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengikuti seleksi Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat kabupaten.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boltim pada Kamis (12/3/2020) di SDN 1 Nuangan Satu, Kecamatan Nuangan, dibuka langsung oleh Kepala Disdikbud Boltim Yusri Damopolii.

Pada kesempatan itu, Yusri menyampaikan di dalam era keterbukaan saat ini, tidak ada alternatife lain bagi sekolah untuk dapat berkompetisi dengan sekolah lain dalam berbagai aspek kehidupan. Kecuali penyiapan sumber daya manusia yang bermutu.

“Saya yakin Kabupaten Boltim sudah maju selangkah dari kabupaten lain. Sehingga itu, kita harus terus menggali serta mengembangkan bakat dan minat peserta didik baik akademik maupun non akademik, “ ujarnya.

Untuk memenangkan persaingan di era globalisasi ini, kata dia harus memiliki setidaknya satu kesamaan yaitu fokus pada pendidikan dengan senantiasa meningkatkan kualitas serta aksesbilitas pendidikan, khusunya di bidang Matematika dan IPA.

“Sejalan dengan upaya peningkatan perluasan dan pemerataan pendidikan, pemerintah memberikan perhatian yang lebih kepada peningkatan mutu layanan dan daya saing output pendidikan, “ katanya.

Lanjut Yusri, karena kegiatan ini orientasinya untuk seleksi calon peserta KSN tingkat provinsi, dia berharap proses pelaksanaan KSN tahun 2020 akan mampu mencari siswa siswi yang berprestasi di bidang sains.

“KSN yang digelar hari ini menjadi penentu sekolah-sekolah mana yang memiliki kualitas. Satu sisi persiapan ke tingkat provinsi, tapi di sisi lain ini menjadi bahan evaluasi disetiap sekolah, “ ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Sekolah Dasar Muhammad Hud mengatakan seleksi KSN cuma dua bidang, yakni Matematika dan IPA. Siswa yang menang atau menjuarai KSN akan diikut sertakan pada KSN tingkat provinsi bulan Mei 2020.

“Yang mendapat juara 1,2 dan 3 diikut sertakan pad KSN tingkat provinsi,  “ kata Kabid yang akrab disapa Wawan.

Diketahui, tahun sebelumnya KSN adalah OSN atau Olimpiade Sains Nasional, dan tahun 2020 ini nomenklaturnya berubah jadi Kompetisi Sains Nasional atau KSN.(far)

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*