Lulus Passing Grade Belum Tentu Ikut Tes SKB

BOLTIM,POSTotabuan.com-Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sudah dilaksanakan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Convention Sutan Raja, Minahasa Utara, Sabtu (15/2/2020).

Dari 1.156 peserta yang mengikuti tes SKD, sekitar 359 peserta yang mendapatkan nilai ambang batas atau passing grade. Untuk tenaga kesehatan ada 20 peserta, guru 88 peserta dan tenaga teknis paling banyak 251 peserta.

Kepala BKPSDM Boltim Rezha Mamonto mengatakan pelaksanaan tes SKD Sabtu pekan lalu berlangsung lancar.  “Alhamdulillah berjalan lancar, sarana dan prasarana yang dipersiapkan berfungsi dengan baik. Komputer, listrik dan jaringan internet juga tidak ada masalah,” kata Rezha, saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (18/2/2020).

Sementara terkait banyaknya jumlah peserta yang lulus passing grade, Rezha mengaku senang. Menurutnya, banyaknya peserta yang lulus passing grade disebabkan oleh beberapa faktor. Selain karena nilai passing grade yang diturunkan dan tingkat kesulitas soal juga dikurangi, banyak peserta yang sudah mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari.

“Jadi wajar saja banyak peserta yang mendapatkan nilai tinggi, “ ujarnya.

Namun demikian, meski banyak peserta yang lulus passing grade di tes SKD kata Rezha, belum tentu bisa mengikuti tes SKB. Pasalnya, masing-masing formasi hanya akan diambil tiga sampai lima peserta dengan nilai tertinggi untuk mengikuti SKB.

“Contoh, formasi pranata komputer itu ada 50 peserta yang lulus passing grade, yang dibutuhkan cuma 2 orang,  tentu hanya akan diambil lima peserta dengan nilai tertinggi saja yang dinyatakan lulus SKD dan berhak mengikuti SKB,. Jadi, semua formasi akan berlaku sama, hanya akan diambil tiga hingga lima peserta dengan nilai tertinggi sesuai dengan rumus BKN, “ jelasnya.

Tapi menurut Rezha juga, peserta yang mendaptakan nilai tertinggi di formasi yang dilamar, dipastikan dia lulus CPNS.  

riel 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*