Calon Perseorangan Pilbup Boltim Belum Muncul

POSTOTABUAN.COM,BOLTIM- Tahapan pemilihan kepala dearah (Pilkada) serentak 2020 di kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut) telah dimulai, namun Calon perorangan atau independen belum muncul ke permukaan meskipun komisi pemilihan umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) telah mulai sosialisasi.

Ketua Divisi Teknis KPU Boltim Abdul Kader Bachmid mengatakan, Help Desk untuk pencalonan perseorangan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Boltim 2020, dibuka sejak tanggal 3 Desemeber 2019, namun KPU Boltim belun juga menerima mandat dari calon perseorangan.

“Sampai dengan saat ini bakal calon perseorangan belum ada yang datang langsung, mereka hanya mengirim utusan untuk berkonsultasi terait dengan syarat-syarat tersebut, “ kata Kader, Senin (9/12/19).

Padahal kata dia, mandat bagi calon perseorangan sangat penting, dimana tim Help Desk KPU nantinya akan memberikan informasi secara lengkap dan detail, mengenai hal-hal teknis terkait pemenuhan syarat bagi bakal pasangan calon perseorangan.

“Mandat itu penting untuk menunjuk operator bagi calon perseorangan. Sebab, operator yang dipilih oleh calon perseorangan melalui
mandat akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) oleh KPU, guna
penggunaan aplikasi saat menginput KTP bagi calon perseorangan, “ jelasnya

Menurut Kader, kemunginan para bakal calon perseorangan belum bermunculan dikarenakan mereka masih menunggu rekomedasi partai politik (Parpol), yang sekarang ini sejumlah parpol lagi melakukan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati.

“Alangah baiknya, sambil tunggu rekom partai, dukungan lewat jalur perseorangan sudah masuk di KPU lewat mandat atau Leason Officer (LO), karena waktu yang dibuka KPU Boltim sangat singkat, “ terangnya.

riel

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*