Bupati Evaluasi Dana Desa Kecamatan Nuangan

POSTOTABUAN.COM,BOLTIM-Bupati Boltim Sehan Landjar menegaskan kepada para Sangadi agar menggali inovasi dan berkreasi membangun desa, sesuai dengan potensi wilayah masing-masing.

“Komitmen pemerintah daerah untuk terus mendorong  Sangadi menggali inovasi dan berkreasi membangun desa, “ tegasnya saat mengevaluasi pengelolaan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) tahun 2019, wilayah desa Kecamatan Nuangan, Senin (18/11).

Sehan mengatakan setiap Sangadi harus memahami tupoksi masing-masing sehingga kolaborasi antara pemerintah desa dan BPD dapat melahirkan ide-ide kreatif dan inovatif untuk membangun desa.

Dia juga meminta pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) diseriusi. Sebab, Bumdes adalah salah satu perangsang roda perekonomian masyarakat desa sehingga orang yang mengelolah Bumdes harus mempunyai kemampuan untuk menganalisa usaha dan bidang apa yang mau dibangun.

“Pengelola Bumdes harus memiliki kemampuan manajemen, yang bisa melihat potensi dan tata kelola BUmdes. Bumdes harus dikelola oleh yang berjiwa entrepreneur dan mempunyai integritas, “ jelasnya.

Sementara Sekretaris Inspektorat Daerah Boltim, Jamin Abdul mengingatkan agar sebelum menerima dana hibah, pengurus Bumdes wajib menyiapkan regulasi atau peraturan desa tentang penyertaan modal.

Dasar hukum ini kata dia, penting sebagai payung hukum Bumdes untuk menerima modal. “Perdes ini juga menjadi acuan pengurus Bumdes untuk menjalankan tugasnya, “ kata Yamin.

Turut hadir Wabup Boltim Rusdi Gumalangit, Asisten Bidang Pemerintah dan Kesra Haryono Sugeha, Kepala Dinas PMD Uyun Pangalima, Kapolsek Nuangan, serta aparat desa se Kecamatan Nuangan.

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*