3 Calon Perseorangan Sudah Konsultasi di KPU Boltim

POSTOTABUAN.COM,BOLTIM-Pasca Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menetapkan syarat dukungan calon independent atau calon persorangan sebanyak 5.352 kopyan KTP.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Boltim lewat jalur perseorangan mulai dilirik.

Ketua KPU Boltim, Jamal Rahman ketika dikonfirmasi mengakui hal tersebut. Kata dia, belum lama ini ada tiga orang yang sudah berkonsultasi ke KPU terkait persyaratan untuk maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati jalur perseorangan.

“Sudah ada tiga orang yang datang di KPU untuk konsultasi tentang teknis maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, “ kata Jamal diruangan kerjanya Kantor KPU Boltim, Selasa (5/11/2019).

Namun kata Jamal,  yang menarik dari tiga orang yang datang berkonsutasi, satu diantaranya warga luar Boltim.

“Pilkada Boltim bukan saja diminati orang Boltim, tetapi juga diminati orang dari luar Boltim. Tetapi mereka masih sebatas konsultasi, “ katanya.

Dikatakannya juga, bahwa sebelumnya, KPU pada tanggal 26 bulan Oktober lalu telah menetapkan jumlah minimal dukungan calon perseorangan yakni  sebesar 5.352. Keputusan tersebut ditetapkan dalam rapat pleno penetapan persyaratan jumlah minimal dukungan dan persebaran bakal pasangan calon perseorangan untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Botim tahun 2020.

Kata dia, jumlah tersebut diperoleh dari persentase minimal syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan di Kabupaten Boltim, yaitu sepuluh persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilihan terakhir. Dimana jumlah DPT pemilihan terakhir di Kabupaten Boltim sebanyak 53.517.

“Berdasarkan aturan tersebut maka penentuan jumlah minimal ditentukan dengan cara 10 per 100 kali 53.517 sama dengan 5.351,7 dibulatkan keatas menjadi 5.352 jiwa, atau kopyan KTP, “ terangnya.

“Penyebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan ditentukan minimal 4 Kecamatan di Kabupaten Boltim, yang berdasarkan peraturan KPU mewajibkan minimal lebih dari 50 persen jumlah kecamatan yang ada pada daerah penyelenggara pilkada dimana Boltim memiliki total 7 kecamatan, “ jelasnya.

riel

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*