Wujudkan Boltim Sehat, Dinkes Gelar Monev Fasyankes

POSTotabuan.com,BOLTIM-Untuk mewujudkan pengelolaan limbah medis sesuai Peraturan Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) tentang pengelolaan limbah fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Kegiatan yang dilaksanakan di lokasi wisata Goba Molunow, Desa Mooat, Kecamatan, Mooat, Rabu (2/10/2019), dibuka Kepala Dinkes Boltim, Eko Marsidi.

Eko mengatakan pengelolaan limbah medis belum sesuai persyaratan sebagaimana Permen LHK

“Dari delapan puskesmas di Boltim hanya empat puskesmas yang memiliki tenaga Sanitarian. Sehingga itu mereka kesulitan dalam mengembangkan program kesehatan lingkungan di Puskesmas, “ kata Eko.

Bahkan kata dia juga Sanitarian puskesmas belum juga memahami tata cara pengisian laporan E-Monev. Karena itu untuk mendukung program tersebut, Puskesmas mengangkat tenaga promotor kesehatan untuk mendukung program dari dalam dan luar Puskesmas.

“Monev limbah fasyankes puskesmas diciptakan untuk memudahkan petugas sanitarian dan pengelola program, sehingga data progres dilapangan dapat di update secara akurat, “ terangnya.

Eko berharap, semua pihak terutama petugas sanitarian dan promotor kesehatan mensukseskan Monev fasyankes.

“Semoga pertemuan ini dapat memberikan dampak dan manfaat yang nyata sebagai kontribusi untuk mendukung Kabupaten Boltim sehat, “ ujarnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*