foto ist
foto ist

Tokmas dan Alumni Unima Kecewa Dengan Formasi CPNS Boltim

POSTotabuan.com,BOLTIM-Sejumlah pencari kerja di Sulawesi Utara (Sulut) khususnya, putra daerah di Kabupaten Bolaang Mongindow Timur (Boltim) kecewa dengan formasi CPNS. Pasalnya, jatah CPNS yang diberikan oleh KemenpanRB untuk Boltim hanya 97 formasi.

Salah satu Alumni Fakultas Pendidikan, Universitas Manado (Unima) Rici Maningkas mengatakan, mereka sangat kecewa dengan formasi CPNS Boltim yang cuma dapat jatah 97 orang. Formasi guru saja, hanya 21 orang, sehingga menurut dia peluang untuk menjadi PNS di daerah sendiri sangat tipis.

“Kami saja lulusan Unima banyak, belum lagi dari Univesitas lain ketika mereka mendaftar CPNS di Boltim, jadi peluang lulus PNS di Boltim kecil, “ ujar Rici, kepada POSTotabuan.com, Selasa (22/10/2019).

“Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara memberikan kuota CPNS untuk Kabupaten Boltim sangat tidak adil, karena memangkas hak putra daerah, ” tegasnya.

Senada dikatakan Tokoh Masayarakat Boltim Ismail Mokodompit, kata dia pembukaan lowongan untuk CPNS Boltim tahun 2019 yang dibuka pemerintah daerah yang hanya dapat jatah 97 formasi, sangat disesalkan.
 
Dia mengaku kecewa terhadap pemerintah pusat dalam hal pemberian kuota CPNS. Pasalnya, berapa tahun belakangan tidak ada penerimaan CPNS, tapi saat ada penerimaan formasi yang keluar 97 orang.

“Pengangguran yang ada di Boltim khususnya yang berstudi ini akan diapakan, “ ujar Ismail.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Boltim Reza Mamonto mengakui bahwa animo masyarakat untuk mendaftar sebagai PNS masih sangat tinggi, dimana terbukti penerimaan CPNS tahun lalu ada ribuan orang melamar, namun tahun ini dia tak bisa berbuat lebih karena jatah yang diberikan Menpan hanya sedikit.

“Sebelumnya Pemkab Boltim mengusulkan 513 kuota CPNS. Tapi, formas yang diberikan Menpan 97 orang. Alasan Menpan, sebagian akan di alihkan ke rekrutmen P3K, tahun 2020 mendatang. Dengan jatah sedikit ini, tentu belum bisa menutupi kebutuhan pegawai di Pemkab Boltim, “ kata Reza.

riel

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*