Selingkuh Dominasi Kasus Cerai di Pengadilan Agama Boltim 

POSTotabuan.com,BOLTIM-Sejak berada pada bulan November tahun 2018,  Kantor Pengadilan Agama, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kini telah menangani sekitar 70 persen kasus gugatan perceraian.

Kepala Pengadilan Agama Boltim, Mashudi mengatakan, perkara perceraian tahun ini sudah sekitar 70 persen. Rata-rata penggugat kebanyakan dari perempuan.

“Dari perkara percerain, kebanyakan penggugat dari isteri. Dan yang paling dominan pemicu dari gugatan tersebut yaitu perselingkuhan dimana ada sekitar 50 persen. Kedua pemicunya minuman keras dan  kekerasan dalam rumah tangga (KDRT),” terang Mashudi, Selasa (22/10/2019).

Menurutnya, jika ada yang bercerai maka harus beralasan sebab agama melarang tentang perceraian.

“Cerai ini harus beralasan.Tidak boleh orang bersepakat cerai karena di agama itu tidak boleh. Boleh cerai tapi kondisinya darurat, “ terangnya.

Meski demikian, dia menyarankan kepada para suami istri jika ada masalah agar dibicarakan dulu baik-bail secara kekelurgaan supaya permasalah bisa di atasi. Tugas pencegahan perceraian ini pun menjadi tanggung jawab dari pihak eksekutif untuk membina masyarakat, utamanya pembinaan dakwa dan pendidikan agama.

“Kalau kami dari pengadilan agama hanya menerima perkara yang di ajukan. Ketika ada perkara kita periksa, “ jelasnya.

riel

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*