Kemarau di Botim Makin Menggila, Instansi Terkait Diminta Siaga

POSTotabuan.com,BOLTIM-Meski di beberapa daerah diwilayah Sulawesi Utara (Sulut), sudah terjadi hujan, namun di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) musim kemarau malah makin menggila.

Bahkan kebakaran hutan sudah terjadi di Kecamatan Kotabunan. Hal ini pun mendapat perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Boltim.

Kepala BPBD Boltim Elvis Siagian mengatakan, saat ini Boltim termasuk daerah rawan kejadian karhutla, untuk itu kepada instansi, stakeholder serta pemeritah desa setempat dapat mempersiapkan segala sesuatu seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada, supaya ketika terjadi kekabaran bisa teratasi.

“Melihat kondisi yang ada, kemarau di Boltim diperkirakan masih akan berlangsung, sehingga selaku pihak terkait perlu siaga, “ kata Elvis, Kamis (3/10/2019).

Sebelumnya Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boltim Hamdi Egam mengimbau warga yang merokok agar tidak membuang bekas rokok atau puntung secara sembarangan. Sebab hal tersebut bisa memicu kebakaran di tengah kondisi kemarau saat ini.

“Pastikan dulu api rokok padam dan jangan buang puntungnya sembarangan,” ujar Hamdi.

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh warga kata Hamdi, ketika berada di rumah jangan lalai saat menggunakan peralatan listrik dan elektronik seperti sterika, charger handphone, kompor gas, kompor listrik dan peralatan lain sebagainya yang gampang menimbulakan korsletin.

“Jangan lupa dimatikan setelah selesai digunakan, sebab musibah kebakaran kalau tidak diantisipasi maka akan dengan mudah terjadi, “ terangnya.

“Bagi warga pemilik kebun juga agar menghindari pembakaran lahan perkebunan, karena jika terjadi musibah kebakaran dampaknya semua yang merasakan, “ imbuhnya.

riel

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*