Inspektorat Boltim Mulai Audit Dana BOS

POSTotabuan.com,BOLTIM-Untuk memastikan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tingkat SD dan SMP di Kabupaten Bolaang Mongndow Timur (Boltim) tepat sasaran, Tim Inspektorat Daerah Kabupaten Boltim mulai turun ke lapangan untuk melakukan audit baik itu administrasi maupun fisik.

Kepala Inspektorat Daerah Meike Mamahir mengatakan pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah penggunaan dana BOS sudah tepat sasaran dan berpedoman pada petunjuk pelaksana (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) atau tidak. Karena jika terjadi pelanggaran dapat diproses secara hukum.

“Tim sudah mulai melakukan pemeriksaan mengenai dana BOS. Seluruh sekolah tingkat SD dan SMP akan diaudit. Kalau ada yang melakukan pelanggaran, bisa saja bersentuhan dengan hukum. Namun, kita tetap berharap penggunaan dana BOS dapat sesuai dengan aturan dan ketetapan, “ kata Meike, Kamis (23/10/2019).

Diakuinya juga bahwa dari pemeriksaan dana BOS, tahun sebelumnya, ada sejumlah sekolah yang salah gunakan BOS. Itu temuan dilapangan.

“Ini sebuah kelalaian pengguna anggaran yakni pihak sekolah. Ada juga unsur kesengajaan dan kurang paham. Namun, temuan tersebut sudah ditindaklanjuti sesuai aturan dan semua sudah clear, ” terangya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Boltim, Yusri Damopolii mengatakan adanya pemeriksaan dana BOS oleh Inspektorat, pihak sekolah segera menyiapkan laporan pertanggung jawaban.

“Saya tegaskan kepada pihak sekolah jangan sampai ada temuan dana BOS, “ tegasnya.

tim

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*