Dilahap Si Jago Merah, Pabrik Minyak Cengkeh Ratah Tanah

POSTotabuan.com,BOLTIMPabrik penyulingan minyak daun cengkeh di Jalan antara Desa Buyandi dan Molobog, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rabu (2/10/2019) terbakar higgga ratah tanah.

Yurdin Mamonto, saksi mata yang melihat kejadian tersebut mengatakan amuk si jago merah itu muncul sekitar pukul 07.15 Wita, namun dia tak bisa berbuat apa-apa karena api langsung membesar dan menghanguskan seluruh bangunan sampai tidak tersisa.

Menurut dia juga, saat kejadian pemilik usaha tersebut tidak berada di tempat. Diduga kemungkinan api berasal dari tungku pembakaran untuk pembuatan minyak cengkeh.

“Biasanya setelah selesai melakukan produksi minyak daun cengkeh, pemilik berserta orang kerja, meninggalkan bangunan tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, namun diktaksir kerugian materi sekitar ratusan juta, “ kata Yurdin kepada wartawan.

Kapolsek Nuangan Iptu Chandra Pulukang saat mendengar kejadian terebut langsung menurunkan Anggota ke tempat kejadian perkara (TKP) untuk cek dan mengidentifikasi penyebab kebakaran.

“Hasil olah TKP penyebab kebakaran belum diketahui. Kita akan mintakakan keterangan dari pemilih usaha Hajira Mardani, yang beralamat di Desa Nuangan, Kecamatan Nuangan, “ kata Chandra.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim, Elvis Siagian mengatakan, kejadian kebakaran terjadi di dua tempat. Lokasi pertama terjadi Selasa kemarin kebakaran hutan di Desa Kotabunan, Kecamatan Kotabunan dan Rabu hari ini  kebakaran pabrik penyulingan minyak daun cengkeh.

“Kami sudah cek di dua lokasi tersebut, tidak ada korban jiwa. Hanya kerugian materi dari pemilik, “ kata Elvis.

Dia juga mengatakan untuk mengatasi kebakaran lahan dan hutan, para Sangadi (kepala desa) di setiap kecamatan agar bentuk satuan tugas (satgas) kekabaran.

“Intruksi Gubernur Sulut Olly Dondokambey desa-desa di tiap kecamatan bentuk satgas. Dengan adanya satgas ini kebakaran bisa direspon secara cepat dan tepat. Masayarakat Boltim juga diimbau agar tidak membakar lahan semabarangan, “ imbuhnya.

riel

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*