Dampak Kekeringan, Dinsos Boltim Salurkan air Bersih Untuk Warga 

POSTotabuan.com,BOTIM-Dampak kekeringan sejak musim kemarau cukup panjang yang melanda Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mengharuskan Pemkab Boltim untuk turun membantu menyediakan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di pesisir pantai.

Penyaluran air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan tersebut sudah dimulai sejak banyaknya masyarakat yang mengeluhkan krisis air bersih.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Boltim, Slamet Umbola melalui Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Fitria Rauf menyampaikan penyaluran yang mereka lakukan bersifat keliling, tidak bisa satu tempat saja, karena air bersih yang disalurkan bukan buat mandi atau mencuci melainkan untuk dikonsumsi masyarakat.

“Sudah tiga desa yang mendapatkan penyalurn air bersih, yakni Desa Tutuyan Tiga, Desa Jiko dan Jiko Utara, “ kata Fitria, Rabu (9/10/2019).

Lanjut dia untuk mendapatkan air bersih ini melalui prosedur, yakni harus ada surat permohonan dari pihak desa terkait bantuan air bersih. “Jika ada permohonan dari desa maka kita siap menyalurkan, supaya bisa diketahui sasaran untuk penyaluaran air, “ terangnya.

Ia juga mengajak kepada masyarakat saat mendapatkan bantuan air bersih, harap gunakan semaksimal dan seefektif mungkin, jangan boros penggunaan air, dan gunakan sesuai peruntukanya.

“Jika air itu untuk dikonsumsi, jangan gunakan untuk mandi atau keperluan lainnya, “ imbuhnya.

Kepala Seksi Bencana Alam Dinsos Boltim, Agung Sambali mengatakan akan terus melakukan penyaluran sesuai permintaan warga selama musim kemarau.

“Desa Jiko dan Jiko Utara kita suplay setiap hari, pagi dan siang hari. Karena, memang kondisi di dua desa ini sangat memerlukan air bersih. Sedangkan untuk pesisir pantai Tutuyan sudah dua kali sebanyak 5000 liter sesuai isi tanki, “ kata Agung.

Salah satu warga Tutuyan Tiga, Wirda Mokodompit mengaku mereka sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah, karena sudah dua kali mendapatkan bantuan air bersih. “Kami sangat terbantu. Bantuan ini mencukupi kebutuhan air sehari-hari kami, ” ungkapnya.

tim

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*