Warga Jangan Buang Puntung Rokok dan Bakar Lahan Sembarangan

POSTotabuan.com,BOLTIM- Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boltim Hamdi Egam mengimbau  warga yang merokok agar tidak membuang bekas rokok atau puntung secara sembarangan. Sebab hal tersebut bisa memicu kebakaran di tengah kondisi kemarau saat ini.

“Pastikan dulu api rokok padam dan jangan buang puntungnya sembarangan,” ujar Hamdi kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh warga kata Hamdi, ketika berada di rumah jangan lalai saat menggunakan peralatan listrik dan elektronik seperti sterika, charger handphone, kompor gas, kompor listrik dan peralatan lain sebagainya yang gampang menimbulakan korsletin.

“Jangan lupa dimatikan setelah selesai digunakan, sebab musibah kebakaran kalau tidak diantisipasi maka akan dengan mudah terjadi, “ terangnya.

“Bagi warga pemilik kebun juga agar menghindari pembakaran lahan perkebunan, karena jika terjadi musibah kebakaran dampaknya semua yang merasakan, “ imbuhnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian juga mengatakan upaya pencegahan merupakan cara terbaik dan sangat penting untuk dilakukan karena upaya ini relatif lebih mudah dan murah dibandingkan jika kita melakukan penanggulangan kebakaran yang sudah terjadi.

“Dalam konteks pencegahan, kerja sama dari berbagai pihak sangat diperlukan sejak dini. Pelibatan satuan tugas gabungan dari pemerintah daerah, TNI/Polri, masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi merupakan alternatif penguatan untuk meminimalisir terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan, “ kata Elvis.

“Semoga imbauan dan informasih ini dapat bermanfaat bagi kita semua terutama warga masyarakat Bolaang Mongondow Timur, “ imbuhnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*