Stop Buang Air Besar Sembarangan

POSTotabuan.com,BOLTIM—Setelah Desa Bongkudai Baru, Kecamatan Mooat, Kabupaten Boltim, mendeklarasikan stop buang air besar sembarangan (BABS), kini Desa Nuangan Satu, Kecamatan Nuangan mendeklariskan program Dinas Kesehatan (Dinkes) tersebut.

Asisten I Pemkab Boltim Hariono Sugeha, yang menghadiri kegiatan ini pada Senin (30/9/2019), menyampaikan apresiasi kepada pemerintah Desa Nuangan Satu dan Puskesmas Nuangan,  yang telah mendeklarasikan stop BABS.

Dia pun meminta langkah ini diikuti oleh pemerintah desa lainnya dengan melaksanakan dan mensosialisasikan stop BABS, kepada masyarakat sehingga perilaku BABS dapat di hentikan.

“Ketika masyarakat sembarangan buang air besar di suatu tempat, apa terlebih di sungai, maka itu langkah pertama penyebaran penyakit. Maka dari itu saya menghimbau pemerintah desa agar mendata warga masyarakat, atau kepala keluarga (KK), yang belum ada jamban bisa di bangun dengan anggaran dana desa, ” kata Hariono.

Dia mengatakan Stop BABS  merupakan salah satu program pemerintah pusat yaitu peraturan Kemenkes RI nomor 3 tahun 2014, tentang Stop BABS, cuci tangan dengan air sabun, sanitasi pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengawasan sampah rumah tangga, dan pengamanan limbah cair rumah tangga.

“Ini adalah program pemerintah demi kesehatan kita bersama, sehingga perlu mendapat dukungan dari masyarakat, “ imbuhnya.

riel

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*