Meike Mamahit (Ist)
Meike Mamahit (Ist)

Senin Depan Audit Penggunaan Dana Desa Dimulai

POSTotabuan.com,BOLTIM-Kepala Inspektorat Daerah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Meike Mamahit mengatakan pemeriksaan atau audit dana desa (DD) tahun 2019, akan dilakukan pada Senin (23/9/2019).

“Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) Boltim akan lakukan pemeriksaan pengelolaan DD, untuk 70 desa se-Boltim. Itu dimulai Senin depan, “ kata Mamahit, kepada wartawan Kamis (19//9/2019).

Dalam pemeriksaan ini kata dia, APIP akan turunkan tiga tim sebab ada 70 desa yang akan diperiksa. Sedangkan untuk 10 desa lainnya tidak lagi karena dana desanya telah diperiksa oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Inspektorat Provinsi beberapa waktu lalu.

“Audit akan dilakukan selama kurang lebih lima belas hari. Jadi kepada sangadi, sekertaris dan bendahara desa segera persiapkan dokumen atau SPJ karena tim akan turun, “ terangnya.

Lanjut dia, jika dalam pemerikassan nanti didapati ada temuan kekurangan atau kerugian, maka pihak pemerintah desa memperbaiki administrasi dan uannya harus segera mengembalikan ke kas desa.

“Saya berharap, sebelum dilakukan pemeriksaan, pemerintah desa diminta segera mempersiapkan semua dokumen terkait SPJ DD maupun dokumen fisik. Itu harus segera terpenuhi mengingat waktu pemeriksaan yang tinggal beberapa hari, “ katanya.

“Beberapa waktu lalu, Inspektorat Boltim telah selesai melakukan audit di 15 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) berbasis resiko. Juga melakukan monitoring dan evaluasi kepada SKPD lainnya, “ tambahnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*