Bikin KTP, KK dan Akta Kelahiran di Disdukcapil Boltim Gratis

POSTotabuan,BOLTIM-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rusmin Mokoagow mengatakan bahwa pengurusan administrasi kependudukan, seperti e-KTP, kartu keluarga (KK) dan akta kelahiran tidak dipungut biaya.

“Semua digratiskan, tidak ada pungutan biaya apapun, “ kata Rusimi, saat ditemui wartawan baru-baru ini.

Dia juga menepis tudingan pungutan liar (pungli) yang dituduhkan di Disdukcapil itu tidak benar.

“Sejak 1 Januari 2014, pemerintah membebaskan biaya administrasi untuk pembuatan kartu tanda penduduk, kartu keluarga, akta kelahiran, dan akta kematian. Pemerintah mengingatkan, aparat yang masih memungut biaya diancam dengan pidana 2 tahun penjara atau denda seberat-beratnya Rp 25 juta. Jadi tidak ada lagi yang berani meminta untuk pengurusan tersebut, “ tegasnya.

Ia juga mengimbau, warga yang mau mengurus surat-surat, agar melengkapi persyaratan administrasi.

‘’Jangan sampai bolak balik dinas untuk mengurus dokumen akta kelahiran dan lain-lain dikarenakan persyaratannya tidak lengkap. Jika tidak bisa diproses, jangan salahkan pegawai Disdukcapil, itu kelalaian yang bersangkutan, bukan kami, “ terangnya.

Sebagai contoh, kata dia, mengurus akta kelahiran anak, namun pasangan suami istri tersebut belum menikah, maka tidak bisa diterbitkan dokumennya.

‘’Harusnya pasangan itu statusnya kawin karena salah satu persyaratannya adalah melampirkan foto copy buku nikah. Jika tidak, diwajibkan meminta surat keterangan dari desa dan segera melangsungkan pernikahan. Fatal akibatnya kalau kami memaksakan penerbitan akta kelahiran anak diluar nikah, “ katanya.

rhul

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*