Bahaya Pohon Trembesi di Jalan Trans Tutuyan

POSTotabuan.com,BOLTIM-Tanaman Pohon Trembesi, ternyata lebih berbahaya daripada manfaatnya. Terbukti, pohon yang berada disepanjang bahu jalan trans Tutuyan, Kabupaten Boltim, akarnya menjalar kemana-mana dan merusak pondasi bangunan bahkan mengangkat badan jalan.

Bahaya lain dari pohon ini ketika hujan, batang dan rantingnya mudah patah, sehingga mengancam keselamatan warga dan pelintas jalan.

Warga Desa Tutuyan Dua, Fenli Simbala mengatakan keberaan pohon ini  membuat masyarakat sekitar resah, terlebih pengguna jalan mereka merasa was-was saat melintasi area Desa Tutuyan yang penuh ancaman pohon trembesi.

Dia pun meminta pihak terkait agar segera merobohkan pohan tersebut mengingat, jika roboh secara tiba-tiba, akan menimbulkan kerugian. “Nyawa warga terancam dengan adanya pohon ini, “ kata dia, Jumat (27/9/2019)

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boltim, Sjukri Tawil saat dikonfirmasi mengatakan meskipun pohon tersebut di tanam oleh balai jalan provinsi, namun mereka selaku pihak DLH di daerah, tentu tetap peduli dengan hal-hal semacam itu, terlebih sudah membahayakan manusia.

“Sebelumnya, kami juga telah merobohkan sejumlah pohon trembesi karena mengancam keselamatan pengguna jalan, “ kata Sjukri.

Ia pun mengajak pemerintah kecamatan dan desa serta masyarakat sekitar, untuk bekerjasama menuntaskan bakal masalah yang ada.

“Sebelum ada korban jiwa, mari kita disini sama-sama bergotong royong menebang pohon ini, “ imbuhnya.

Sementara Camat Tutuyan, Khally Mokodompit mengatakan, akan menyelesaikan keresahan warga tersebut.

“Untuk menebang pohon tersebut tentu perlu dana, namun untuk keselamatan bersama saya akan menggunakan uang pribadi dan mengupayakan secepatnya merobohkan pohon itu sebelum ada korban, “ katanya.

rhul

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*