Tarik Tambang, Tim Mooat tak Berkutik Tumbang Ditangan Wabup CS

POSTotabuan.com, BOLTIM-Berbagai lomba tradisional merayakan peringatan HUT RI ke-74 mulai digelar Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim), diantaranya tarik tambang, hadang, bola voli, bulu tangkis dan lomba lainnya.

Kegiatan yang dipusatkan dilapangan Desa Togid, Kecamatan Tutuyan, Senin (5/8/19) dibuka langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Boltim Rusdi Gumalangit.

Pantauan POSTotabuan.com, kegiatan lomba diawali dengan tarik tambang. Dalam lomba ini tim Wakil Bupati ditantang tim dari Kecamatan Mooat. Diprediksi tim Kecamatan Mooat bakal kalahkan tim Wabup, namum nyatanya berbalik, tim Wabup membuat tim Mooat tak berkutik, sehingga lomba ini dimenangkan oleh Wabup CS (crew system).

Dalam sambutannya Rusdi menyampaikan bahwa olahraga tradisional saat ini perlu dihadirkan kembali dan dilestarikan karena sarat akan muatan positif.

“Saat ini olahraga tradisional mulai punah karena sadar atau tidak, generasi terdahulu sudah enggan mengajak serta anak-anak bermain permainan tradisional, “ kata dia.

Rusdi mengungkapkan banyak makna yang dapat diperoleh dari bentuk-bentuk permainan tradisional diantaranya mengasah kerjasama tim dan daya konsentrasi. “Yang lebih penting banyak dari permainan tradisional yang memberi ruang anak-anak dalam mempererat modal sosialnya seperti pertemanan dan bergotong royong, “ terangnya.

Dia pun berharap, kedepan olahraga ini akan terus digalakkan dan dapat disejajarkan dengan olahraga prestasi lainnya. “Saya berharap, semua pihak dapat terus melestarikan permainan tradisional ini serta memperkenalkannya kepada anak cucu sehingga mereka tahu bahwa Indonesia memiliki beranekaragam permainan tradisional yang menarik, ” imbuhnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*