Sehan Akui Panen Cengkeh Kurangi Angka Pengangguran

POSTotabuan.com, BOLTIM-Manfaat pembuatan jalan dua jalur di ibu kota Tutuyan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tak cuma dirasakan para pemilik kendaraan bermotor saja, namun jalan yang dibuat oleh pemerintah daerah Boltim pakai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ini, juga turut dinikmakti oleh petani cengkeh, karena jalan tersebut dijadikan tempat jemuran cengkeh.

Pantauan POSTotabuan.com, hampir sebagaian jalan di ibu kota Tutuyan, kini jadi tempat jemuran cengkeh. Ini menunjukan jalan yang dibuat oleh pemerintah daerah tak cuma disarakan oleh satu pihak saja.

“Yang biasanya ketika panen raya seperti ini petani kesulitan mencari lokasi jemuran, kini dengan adanya jalan dua jalur kami merasa terbantu, “ ungkap para petani tersebut, Jumat (2/8/19).

Bahkan kata mereka yang datang menjemur cengkeh di jalan ini, tak hanya petani Tutuayan saja, petani dari desa tetangga juga ada. “Petani dari Desa Dodap juga sama-sama menjemur cengkehnya disisni, “ kata mereka.

Sebelumunya, Bupati Boltim Sehan Landjar mengatakan bahwa panen raya cengkeh tahun ini tidak hanya memberikan berkah bagi para pemilik kebun cengkeh saja. Tapi dampak dari panen ini bisa memberikan pekerjaan untuk warga Boltim lainnya.

“Penjual kue, pemilik warung, rumah makan dan warga Boltim yang belum ada pekerjaan sekarang bisa bekerja karena menjadi pemanjat cengkeh. Ini tentunya berkah bagi Boltim, “ kata Sehan.

Bahkan menurut Sehan, panen raya cengkeh berimbas pada proyek anggaran pendapatan belanja daerah Boltim karena kesulitan mencari orang kerja.

“Rata-rata warga Boltim kebanyakan lebih memilih memetik cengkeh ketimbang bekerja di proyek. Ini jadi kendala bagi para kontraktor. Tapi saya bersyukur karena panen cengkeh bisa mengurangi angka pengangguran di Boltim, “ ujar Sehan.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*