Sangadi dan Ketua Bumdes Berencana Adopsi Ilmu di Jatim

POSTotabuan.com,BOLTIM-Delapan puluh sangadi (kepala desa) dan ketua badan usaha milik desa (Bumdes) di Kabupaten Boltim akan melakukan studi banding (studing) yang rencananya digelar di Kota Surabaya dan Malang, Jawa Timur (Jatim).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Boltim Slamet Umbola mengatakan, studi banding ini dilaksanakan dalam rangka belajar pengelolaan dana desa dan pengelolaan bumdes serta pengelolaan potensi desa.

“Beberapa desa di Malang Jawa Timur berhasil dalam bumdes dan pengelolaan potensi desa. Kita kunjungi desa tersebut kemudian adopsi ilmu dari situ untuk diterapkan di Boltim, “ kata Umbola.

Namun kata dia, rencana ini akan dikoordinasikan dulu dengan Bupati Boltim Sehan Landjar. Apabila di setujui oleh pak bupati maka bulan depan akan melakukan studi bandig luar daerah.

“Kita akan usulkan ke pak bupati mengenai agenda ini. Kalau dapat persutujuan maka para sangadi dan ketua bumdes akan berangkat, “ katanya.

Hal penting juga dalam studi banding ini yakni, ketersediaan anggaran di masing-masing desa.

“Tergantung anggaran yang di sediakan oleh desa. Jika tersedia kita siap berangkat, ” kata dia.

Diakuinya beberapa desa di Boltim memang sudah berhasil dalam pengelolaan bumdes, seperti Desa Atoga Timur. Desa ini berhasil kelola bumdes dibidang wisata, namun perlu juga untuk melakukan bimtek.

“Berdasarkan Peraturan Menteri Desa bimtek luar daerah perlu dilakukan, untuk menambah wawasan para sangadi atau kepala desa, “ ujarnya.

rhul

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*