Pentingnya Akta Lahir Bagi Anak

POSTotabuan.com,BOLTIM-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusmin Mokoagow mengatakan, akat kelahiran sangat penting bagi anak, karena sudah diatur dalam undang-undang 24 tahun 2013, bahwa setiap bayi yang baru dilahirkan harus dilaporkan ke Dukcapil untuk diterbitkan akta kelahiran sebagai tanda pengakuan dari negara bahwa kehadiran anak itu ketahui oleh negara.

Untuk itu kata dia, bagi warga Boltim yang belum memiliki akta kelahiran segera melaporkan ke Dukcapil untuk diterbitkan akta kelahirannya.

“Nantinya jika anak itu sekolah akan diminta akta kelahirannya. Bahkan menikah saja akta kelahiran akan diminta oleh KUA atau Pendeta sebagai persyaratan dokumen nikah, “ kata Rusmin, Selasa (27/8/2019)

Dia mengatakan, persyaratan pembuatan akte lahir harus ada surat keterangan lahir dari bidan, dokter atau puskesmas serta rumah sakit setempat kemudian ada surat nikah dari kedua orang tua. Selanjutnya mengisi daftar formulir dan melibatkan dua orang saksi dimana formulir yang diisi harus ditandatangai dua orang saksi tersebut serta persyaratan lainnya yaitu foto kopi kartu keluarga.

“Jika persyaratan tersebut lengkap, Dukacapil langsung mengeluarkannya, “ terangnya.

Lanjut dia, akta lahir yang dikeluarkan Dukcapil Boltim sudah lebih dari 90 persen. Artinya, sudah lewat dari target sebab himbauan dari pemerintah pusat, untuk usia 0 sampai 18 tahun harus 90 persen sudah ada akta kelahiran.

“Kami sangat bersyukur Boltim sudah lewat dari 90 persen, “ katanya.

Meskipun demikian, Rusmin mengakui bahwa masih banyak warga Boltim yang belum mengantongi dokumen penting itu. Kebiasaan di Boltim, jika anak lahir bukan mengurus akta kelahiran terlebih dahulu, tapi nanti anak akan dimasukan kesekolah baru mengurus akta.

“Kepada masyarakat Boltim, khusus yang berhubungan dengan akta kelahiran, itu sangat penting dokumennya. 60 hari setelah kelahiran anak, harus melapor ke Dukcapil, dan diurus akta kelahirannya, “ imbuhnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*