Jika Produksi PT ASA Harus Prioritaskan Warga Lingkar Tambang

POSTotabuan.com,BOLTIM-Meski belum mendapatkan kesepakatan harga yang cocok antara pihak perusahaan PT Arafura Surya Alam (ASA), dengan warga Kotabunan dan Bulawan selaku pemilik lahan.

Namun, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar menegaskan kepada PT ASA harus memprioritas warga lingkar tambang jika produksi nanti.

“Saya tekankan perusahaan harus memprioritaskan masyarakat local, yakni warga Kotabunan Bulawan sebagai pekerja bila sudah produksi.  Terkecuali, tenaga teknis, itu tentu harus di ambil dari luar, “ tegasnya, saat sosialisasi pembebasan lahan oleh PT ASA kepada warga lingkar tambang baru-baru ini.

Lanjut Sehan, selain itu ada beberapa hal yang menjadi komitmen antara perusahaan dengan pemerintah daerah terkait tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR). Perusahaan kata dia, memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya.

“Kalau produksi sudah berjalan, ada kewajiban perusahan yang harus di laksanakan yaitu dana CSR untuk kesehatan, pendidikan, dan ekonomi kemasyarakatan lingkar tambang. Ini menjadi prioritas utama PT ASA, “ katanya.

Sementara PT ASA melalui Manajer Eksternal Andreas Bolitobi mengatakan, akan mematuhi semua yang menjadi tanggung jawab perusahaan. Namun kata dia, untuk saat ini mereka masih fokus dengan pembebasan lahan karena belum mencapai kesepakatan harga yang cocok dengan para pemilik lahan.

“Harga yang diinginkan oleh pemilik lahan sudah kami sampaikan ke pimpinan perusahaan. Berapa harga perhektare yang disetujui, tinggal menunggu pimpinan, “ kata dia.

rhul

 

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*