Delineasi Batas Wilayah Desa Akan di Perbupkan

POSTotabuan.com, BOLTIM- Untuk mempercepat pembangunan pedesaan sesuai program pemerintah saat ini, yaitu pembangunan dari pinggiran atau desa, Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan segera merampung delineasi batas wilayah desa, kemudian akan di tindak lanjuti lewat peraturan bupati (perbup).

“Penetapan dan penegasan batas desa menjadi sangat penting, dalam memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas-batas wilayah, sehingga lewat perbup akan tercipta tertib administrasi pemerintahan, “ kata Kabag Tapem Setda Boltim, Ikhlas Pasambuna, Rabu (28/8/2019).

Dia mengatkan salah satu contohnya yakni, berkaitan dengan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pemekaran desa dan pembentukan desa, maka salah satu persyaratan adalah batas.

“Ketika batas ini sudah selesai, maka desa-desa ini akan mempermudah dalam hal pelaksanaan pelaksanaan pembangunan yang ada di masing-masing desa, “ terangnya.

Lanjut Ikhlas, terkait hal ini, dia berpesan kepada pemangku wilayah terutama Camat dan sangadi atau kepala desa untuk melakukan identifikasi dan penelusuran dokumen terkait batas.

“Ini penting karena kejelasan batas wilayah administrasi yang tegas akan meminimalisasi potensi timbulnya permasalahan, ” ujarnya.

rhul

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*