foto ist
foto ist

Cuaca Buruk Pengaruhi Harga Ikan Jadi Mahal

POSTotabuan.com,BOTIM-Cuaca buruk disertai dengan angin kencang dan gelombang laut yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Botim) sejak sebulan terakhir ini mempengaruhi harga ikan di pasar.

Ara Doli salah satu penjual ikan keliling di Desa Bulawan mengatakan saat ini harga ikan makin mahal. Hal itu kata dia dikarenakan gelombang laut tinggi disertai angin kencang sehingga berdampak terhadap para nelayan.

“Yang biasanya satu keranjang ikan tude atau oci Rp200 ribu, kini naik Rp300 ribu sampai Rp400 ribu, “ kata dia.

Pantauan POSTotabuan.com di sejumlah pasar di Boltim, semua jenis ikan terjadi lonjakan harga. Penjualan pun bervariasi, mulai dari harga Rp20 ribu untuk tiga ekor sampai Rp50 ribu. Tergantung dari ukuran ikan tersebut, besar atau kecil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian mengatakan cuaca buruk memang menyebabkan sejumlah nelayan tidak melaut, karena selalu ada pemberitahuan kepada masyarakat.

Untuk kenaikan harga ikan di Boltim, dia mengaku tidak mengetahui pasti karena itu ranahnya dinas perikanan.

“Tugas kita ketika terjadi cuaca buruk, seperti gelombang laut tinggi dan angin kencang memberitahukan kepada masayarakat agar selalu waspada, terutama kepada para nelayan dan petani, “ kata Elvis.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*