Angin Selatan Ngamuk di Kotabunan Selatan

POSTotabuan.com,BOLTIM-Wilayah Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diterjang badai angin selatan. Kondisi ini menyebabkan pohon tumbang dan yang lebih parah lagi, sejumlah fasilitas umum rusak parah akibat terjangan angin yang keras.

Pantauan POSTotabuan.com, Kamis (1/8/19) pagi tadi sekira pukul 10.00 Wita, bangunan pasar Kotabunan Selatan porak poranda dan mengalami kerusakan yang parah, dimana atap seng berterbangan ke udara dan rangkah besinya ambruk akibat terjangan angin. Beruntung saja, kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Kejadian seperti ini kerap terjadi. Jika terjadi angin selatan, pasar Kotabunan Selatan jadi sasaran. Mungkin karena pasar dekat dengan pantai, “ kata sejumlah pedagang di pasar Kotabunan.

Untuk menghadapi ancaman angin kencang yang melanda pesisir pantai Bolaang Mongondow Timur, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boltim Elvis Siagian menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada karena badai angin selatan ini diperkirakan bertiup sampai tiga bulan kedepan.

“Masyarakat dihimbau waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan dari angin yang begitu kencang, “ kata Elvis.

Selain badai angin, menurut Elvis gelombang tinggi wilayah diperairan laut Boltim juga kerap terjadi. “Boltim salah wilayah yang kerap diterpa angin kencang, jadi masayarakat waspada terutama para nelayan. Jika terjadi gelombang tinggi dan angin kecang agar tidak turun melaut, “ imbaunya.

Kondisi ini juga berdampak terhadap aktivitas nelayan di Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan. Mereka terpaksa memilih tidak turun melaut.

“Saat ini cuaca lagi buruk, gelombang air mencapai 2 meter sampai tiga meter. Selain gelombang tinggi, angin yang bertiup di wilayah perairan selatan cukup kencang dan sering turun hujan, jadi kami tidak turun melaut, “ kata para nelayan ini.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*