Alhamdulillah, Jamaah Masjid Multajam Bulawan Berkurban 4 Ekor Sapi

POSTotabuan.com,BOLTIM- Alhamdulillah, was syukrulillah. Inilah ungkapan syukur para jamaah Masjid Multajam, Desa Bulawan, Kecamatan Kotabunan. Di tahun 2019, tahun pertama melaksanakan sholat idul adha 1440 hijriyah, di masjid Multajam, para jamaah memberikan hewan kurban sebanyak empat ekor.

“Alhamdulillah, tahun pertama ini masjid Multajam melakukan peneyembelihan hewan kurban, “ ungkap jamaah yang meminta namanya disebut sebagai hamba Allah ini, Minggu (11/8/2019).

Sekertaris Badan Takmir Masjid (BTM) Multajam, Bustan Hasania mengatakan karena masjid Multajam, baru pertama kali ini melaksanakan shalat Id, sehingga jamaah menyambutnya riang gembira dengan memberikan hewan kurban. Hal ini karena solidaritas sesama muslim benar-benar terbangun.

“Ada empat ekor sapi yang disembeli, ini kurban patungan dari jamaah. Alhamdulillah kami sangat bersyukur, solidaritas muslim di Bulawan benar-benar terbangun, “ kata Bustan.

Dia pun berharap, kedepan akan lebih banyak lagi jamaah menyisihkan hartanya untuk berkurban.

“Insya Allah, akan ada jamaah lain yang tergugah hatinya sehingga bisa berkurban. Sebab, menyembeli hewan kurban di masjid pada setiap idul adha adalah bagian dari memakmurkan masjid, “ ucap Papa Anda, sapaan akrabnya.

Disetiap masjid juga ketika shalat idul adha, para khotib menyampaikan berkurban merupakan tanda syukur kepada Allah SWT. Manusia yang dibei rizki lebih, hendaknya berbagi kepada sesama yang belum beruntung. Salah satunya dengan membagikan daging kurban.

Berkurban juga merupakan tanda taqwa kepada Allah SWT, karena kurban merupakan ibadah sunnah dari ranah sedekah. Maka bagi yang telah mampu berkurban, sebaiknya menunaikannya.

Intinya, kurban mempunyai manfaat langsung kepada sesama. Sebab kurban tidak semata ibadah vertikal, tetapi juga horizonal. Manusia yang berkurban sama saja dengan menyejahterakan sesama. Bahkan dengan berkurban, kita juga dapat menebar persaudaaraan.

Penulis: Faruk Langaru

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*