foto ist
foto ist

Tak Kantongi Izin, Pemilik Sarang Walet dan Perusahaan Minyak Cengkeh Akan Dipanggil

POSTotabuan,com, BOLTIM- Sekertaris Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Indah Roringkon mengatakan bahwa mereka segera melakukan pemanggilan kepara para pemilik usaha sarang burung walet dan perusahaan minyak cengkih yang tidak mengangantongi izin.

“Sesuai data, ada beberapa bangunan sarang walet dan perusahaan minyak cengkeh di Boltim tidak memiliki izin. Pemiliknya akan kita panggil diberikan teguran agar dapat mengurus izin. Ini juga instruksi Bupati Boltim Sehan Landjar, bagi para pelaku usaha yang tidak kantongi izin harus ditertibkan, “ kata Roringkon, Kamis (4/7/19).

Dia mengatakan bahwa dalam pengurusan izin tidak ribet. Disini hanya hitung menit dalam pengurusan, jika berkas lengkap langsung di proses. “Jika sudah ada rekomendasi dari instansi terkait seperti PU,  DLH, Disperindagkop, dan instansi terkait lainya, kami siap proses izinya, “ terangnya.

Semetara Kepada Bidang Perizinan dan Non Perizinan, Iswandi Mokodompit, mengatakan dari 11 bangunan sarang walet, baru tiga yang memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) yakni di Molobog, Matabulu dan Bukaka.

“Kami sudah turun lapangan dan beberapa kali menyurat ke kecamatan dan desa, untuk menginstruksikan pemilik sarang walet untuk mengurus izin, agar tidak semena-mena membangun usaha ini,” terangnya.

rhul

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*