Tahun ini 460 Unit RTLH di Boltim Akan Dibangun

POSTotabuan.com,BOLTIM-Dinas Sosial (Dinsos) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun 2019 ini kembali akan membangun 460 unit rumah tinggal layak huni (RTLH).

Kepala Dinsos Boltim Rudi Malah melalui Kepala Bidang Penanganan Kemiskinan, Ni’ma Mokoagow mengatakan, untuk program RTLH, tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,8 miliar untuk 460 unit rumah. “Perunit mendapatkan Rp30 juta. Kalau tahun lalu satu unit Rp20 juta, tahun ini kita naikan anggarannya, “ kata Ni’ma, Kamis (11/7/19).

Lanjutnya, 460 unit RTLH ini juga dibagi untuk tujuh kecamatan di Boltim dengan system tender atau lelang proyek. Artinya sistem dirubah, yang sebelumnya anggaran RTLH sebagian diserahakan ke pihak keluarga atau pemilik rumah dan sebagian ditangani oleh pihak ketiga untuk membangun, sekarang melalui system tender.

“Setiap kecamatan ada kontraknya, sebab memberikan uang langsung kepada penerima untuk mendirikan RTLH cara itu tidak berhasil, karena sering terjadi tahun-tahun sebelumnya, dana yang diberikan habis dipakai untuk kebutuhan lain. Uang habis, rumah tidak selesai, ini harus kita hindari, “ kata dia.

Sekertaris Daerah Boltim, Muhammad Assagaf  juga mengatakan pembangunan RTLH tahun ini sudah pakai system tender, hal ini untuk menghindari penyalahgunaan anggaran. “Temuan dilapangan, uang sudah serahkan ke pemilik rumah, tapi  rumah tidak selasai. Jadi sesuai dengan petunjuk BPK, kami akan lakukan proses tender, “ kata Assagaf.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*