Dinas PMD Gelar Bursa Inovasi Desa

POSTotabuan.com,BOLTIM-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) saat ini sedang melaksanakan forum bursa inovasi desa (BID).

Kepala Dinas PMD Boltim Slamet Umbola mengatakan forum BID ini merupakan wahana bagi desa-desa bertukar informasi dan berbagi pengetahuan, termasuk belajar dari pengalaman.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas perencanaan dan mendorong pemanfaatan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien, “ kata Umbola, Selasa (9/7/19).

Lanjut dia, adapun kegiatan-kegiatan yang dipamerkan dalam bursa inovasi desa yakni kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa, bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

“Tujuan dari bursa inovasi desa, yakni mendiseminasikan informasi pokok terkait program inovasi desa (PID) secara umum, serta program pengelolaan pengetahua. Menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Dan memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan, “ jelasnya.

Dia juga mengatakan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, dimana desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala desa. Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, pemerintah telah mengucurkan dana desa dan alokasi dana desa.

“Dengan adanya kuncuran dana ke desa-desa, diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, “ terangnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*