Desa Atoga Timur Dapat Kucuran 530 juta dari Kemendes PDTT

POSTotabuan.com,BOLTIM-Kabar gembira untuk Desa Atoga Timur, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Pasalnya, dalam waktu dekat, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia, lewat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD) akan mengucurkan dana senilai Rp530 juta untuk Atoga Timur  sebagai desa wisata.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Boltim, Slamet Umbola, dana tersebut segera ditransfer olek pihak kementrian langsung ke rekening desa.

Dia mengatakan Desa Atoga Timur dapat bantuan ini dikeranakan mereka berhasil mengembangkan wisata lewat badan usaha milik desa (Bumdes).

“Karena Atoga Timur berhasil kelola bumdes maka kementrian berikan dana yang diperuntukan untuk pembangunan saran dan prasarana dilokasi wisata seperti jalan dan sebagainya. “ kata Slamet, Rabu (31/7/19).

Untuk penyaluran dana kata dia dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama ditransfes sebesar 70 persen, setelah itu ditransfer lagi 30 persen untuk tahap dua.

Lanjut dia, dari sekian ribu desa yang ada di Indonesia, cuma 45 desa yang dapat bantuan ini. Khusus untuk Sulawesi cuma tiga desa yang dapat, yakni desa di Sulawesi Selantan, desa di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Utara (Sulut). Untuk Sulut, satu-satunya desa yang dapat bantuan ini adalah Desa Atoga Timur. “In tak lepas dari lobi-lobi Bupati Boltim pak Sehan Landjar ke kementrian beberapa waktu lalu, “ kata Slamet.

Dia pun berharap, kedepan tak hanya Desa Atoga Timur saja dapat bantuan seperti ini, tapi ada desa yang lain, sehingga dia mendorang Sangadi atau Kepala Desa yang ada harus memiliki pemikiran cerdas agar tercipta inovasi
yang baik untuk kemajuan desanya.

“Saya menekankan kepada para Sangadi agar selalu menuangkan pemikiran yang lebih kreatif dan belum dilakukan siapapun, sehingga bisa meningkatkan pendapatan di desa juga menjadi panutan desa lainnya, “ imbuhnya.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*