Daya Beli Rendah, Pasar Kotabunan Mulai Sepi

POSTotabuan.com,BOLTIM-Pasar tradisional di Desa Kotabunan Selatan, Kecamatan Kotabunan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sejak beberapa bulan terakhir ini mulai nampak terlihat sepi, hal itu dikarenakan daya beli masyarakat rendah.

Dampaknya pun dirasakkan oleh para pedagang. Sebagian dari mereka terpaksa gulung tikar, sebagian memilih berjualan didepan rumah, namun ada juga yang bertahan berjualan, meskipun kondisi pasar lesu pembeli.

Pantauan POSTotabuan.com bangunan lapak yang disediakan pemerintah daerah kini nampak terlihat kosong. Yang ada cuma beberapa penjual yang masih tetap bertahan di lapak tersebut.

Begitu pun dengan kios pakaian dan kios sembako di tutup karena sepi pembeli. Para pedagang tersebut mengaku terpaksa menutup kios mereka karena kurangnnya pemebeli yang datang.

Dedi salah satu pedagang yang pernah berjualan di pasar Kotabunan Selatan mengaku bahwa dia terpaksa memilih berjualan didepan rumahnya dikarenakan tidak ada pembeli yang datang di pasar.

“Terpaksa menututup kios saya dan berjualan didepan rumah karena pasar sudah sepi pembeli, “ kata Dedi, Senin (15/7/19).

Pedagang lain Jemy juga mengatakan, akibat ekonomi melemah membuat daya beli masyarakat menurun. “Pembeli sekarang ini lebih sepi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, “ ungkapnya.

Menurutnya, pembeli dipasar mulai sepi sejak satu tahun terakhir. Mereka mengeluh rata-rata kesulitan ekonom, sedangkan harga kebutuhan dapur terus merangkak naik. “Kondisi tersebut disebabkan kondisi ekonomi masyarakat yang terus menurun,” kata dia.

“Kita berharap kedepan kondisi ekonomi masyarakat Kecamatan Kotabunan akan membaik, supaya pasar Kotabunan bisa ramai lagi seperti biasanya, “ harapnya.

Sementara pedagang lain mengatakan pasar Kotabuna Selatan ini akan ramai ketika masuk bulan ramadan. “Kalau masuk bulan ramadan, pasar ramai karena ada pasar senggol, tapi setelah itu sepi lagi, “ ungkap para pedagang tersebut.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*