foto ist
foto ist

Cengkeh Dongkrak Ekonomi Masyarakat Boltim

POSTotabuan.com,BOLTIM- Meski buah cengkeh saat ini harganya lagi turun, dikisaran Rp70 ribu perkilo gram, namun mampu mendongkrak perekonomian petani di wilayah di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Sejumlah petani di Desa Atoga, Kecamatan Motongkad, saat ditmui POSTotabuan.com mengaku bahwa panen raya tahun in cukup membantu mereka. Pasalnya, meskipun harga cengkeh lagi turun, namun dengan kondisi buah cengkeh yang lumayan banyak, masih bisa menutupi ongkos atau pengeluaran untuk bayar buruh dan sewa orang untuk menjemur.

“Lumayan, panen tahun ini masih untung sedikit, meskipun harga buah cengeh lagi turun, “ ungkap Om Toni, salah satu peteni cengkeh Desa Atoga, Senin (15/7/19)

Sementera petani cengkeh asal Desa Tutuyan dan Desa Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, mengatakan selain tanaman kelapa dan jagung sebagai tanam unggulan, cengkeh juga sebagai penggerak ekonomi masyarakat. “Kita bersyukur tahun ini Boltim panen raya. Rata-rata masyarakat yang ada tanaman cengkeh ada buahnya. Dan kalau dimanfaatkan dengan baik, pasti ada yang bangun rumah, beli kendaraan baik motor ataupun mobil, “ kata para petani tersebut.

Bahkan panen raya ini, tak cuma dirasakan oleh para pemilik cengkeh saja. Artinya, para pelaku usaha juga seperti toko, warung, penjual kue dan usahan lainnya juga turut merasakan imbasnya, kerana ada daya beli yang meningkat dari masyarakat. “Penjual kue juga turut menikmakmati hasil panen cengkeh ini, “ ungkap ibu-ibu penjual kue di Desa Kotabunan.

Pemkab Boltim melalui Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Raden Setiono mengatakan akan terus mendorong pengembangan sektor pertanian di Boltim .Selain pendampingan teknik budidaya tanaman yang baik, bantuan bibit unggul akan diupayakan oleh pemerintah daerah.

“Boltim adalah satu satu wilayah pertanian, baik tanaman holtikutura maupun tanam tahunan dan bulanan, sehingga lewat program yang ada pemerintah akan terus membantu para petani, “ kata Setiono.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*