Oskar Manoppo (foto:pt)
Oskar Manoppo (foto:pt)

Bolmong Sepakat Serahkan PDAM ke Boltim

POSTotabuan.com,BOLTIM-Konflik dua daerah antara Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong) dengan Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) terkait status kepemilikan aset Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), mulai ada titik terang.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Boltim Oskar Manoppo mengatakan Pemkab Bolmong melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Tahlis Galang, telah sepakat akan menyerahkan aset PDAM yang ada diwilayah Boltim ke Pemkab Boltim.

“Saat pertemuan terkait masalah aset antara Pemkab se Bolmong Raya di Kantor Bupati Bolmong dua hari yang lalu, Sekda Tahlis Galang sampaikan aset PDAM tersebut akan diserahkan ke Pemkab Boltim, karena itu berada wilayahnya Boltim, “ kata Oskar, kepada POSTotabuan.com, Jumat (26/7/19).

Namun kata dia, karena aset PDAM bentuknya Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dimana administrasinya tercatat dipemerintah pusat bahwa itu milik Bolmong, meskipun aset berada wilayah Boltim, maka untuk menyerahkan aset tersebut pemerintah Bolmong menginginkan peyerahan aset harus disertai dengan penyertaan modal.

Artinya, jika Boltim mengambil alih BUMD tersebut, pemerintah yang bersangkutan yakni Boltim menyerahkan dana atau modal kepada pemilik mayoritas BUMD, bahwa aset itu telah akuisisi atau diambil alih oleh Boltim sebagai kepemilikan saham dari perusahan itu.

Tidak hanya itu pula, jika aset PDAM jadi milik Boltim, semua karyawan yang berada di wilayah tersebut, mulai dari pembayaran gaji dan yang terkait dengan aset itu menjadi tanggungjawab dari daerah itu, yakni Boltim.

Untuk menindak lanjuti masalah aset ini, UPTD dari dua daerah ini akan diundang  untuk pertemuan. “Dalam waktu UPTD Air Boltim dan UPTD Air Bolmong akan diundang untuk membahas masalah ini. Kita berharap aset PDAM jadi milik Boltim, sebab pendapatan asli daerah (PAD) dari perusahaan air minum lumayan besar, “ kata Oskar.

rhul

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*