Triulan I, PAD Boltim Capai 34 Persen

POSTotabuan.com,BOLTIM-Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemkab Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Oskar Manoppo mengatakan posisi realisasi pendapatn asli daerah (PAD) Boltim telah berada pada angka 34,81 persen atau sekitar Rp 6,1 miliar.

Untuk triulan dua in kata dia realisasi PAD mulai bergerak naik. Faktor pergerakan PAD berasal dari setoran tunai lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp 4,8 miliar, pajak derah Rp 1 miiar dan retribusi daerah Rp 128 juta.

“Alhamdulillah PAD kita perlahan mulai bergerak, “ kata dia Rabu (19/6/19)

Dia mengatakan sampai dengan triulan empat nanti, akan berupaya melakukan pengenjotan PAD dari berbagai setoran pajak. Sumber PAD yang belum masuk antara lain setoran PBB, pajak penerangan jalan dan pendapatan dana kapitasi JKN yang terbagi di enam UPTD Puskesmas.

“Kalau untuk pajak penerangan jalan realisasinya baru sekitar Rp 600 juta lebih atau 36.45 persen,” katanya.

Sementara untuk setoran PBB, saat ini Surat Pemberutahuan Pajak Terhitung (SPPT) tahunan masih dalam tahapan penginputan, sebab masih banyak desa yang melakukan perubahan terkait penghitungan maupun penambahan dan perubahan objek pajak.

“SPPT PBB akan dibagikan bulan Juli disetiap desa. Kita upayakan pada bulan Juli sudah selesai didistribusukan agar PAD akan semakin bergerak naik, sehingga kita bisa mencapai target PAD Rp 17,5 miliar sesuai yang ditargetkan oleh pemerintah daerah, ” kata Oskar.

Faruk Langaru

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*