Sawah di Desa Kayumoyundi terendam banjir akibat luapan air hujan
Sawah di Desa Kayumoyundi terendam banjir akibat luapan air hujan

Sawah di Kayumoyondi Jadi Langganan Banjir

POSTotabuan.com, BOLTIM-Curah hujan tinggi yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) sejak beberapa hari terakhir, mengakibatkan sawah milik warga Desa Kayumoyondi, Kecamatan Tutuyan, terendam banjir.

Pantauan wartawan POSTotabuan.com, di lokasi, Selasa (18/6/19) pagi, kondisi padi milik petani yang baru ditanam rusak dan roboh. Ini terjadi pasca banjir dari luapan sungai dan air kiriman dari pegunungan Desa Kayumoyondi.

Menurut Om Utu salah satu warga Koyumoyondi, banjir yang kerap terjadi diakibatkan air hujan yang mengalir dari pegunungan. Sungai yang ada pun cuma kecil, jadi tak bisa menampung volume air yang  besar, sehingga meluap ke persawahan dan rumah warga.

Sementara menurut warga lainnya, banjir yang sering terjadi di Kayumoyondi kemungkinan karena datarannya rendah, sehigga kata dia perlu ada pembuatan irigasi agar ketika hujan airnya tidak meluap.

“Untuk mengatasi banjir yang kerap terjadi, harus ada pembuatan irigasi untuk menampung air ketika terjadi hujan, “ kata warga tersebut.

Hujan juga yang terjadi Senin (17/6/19) mengakibatkan sejumlah pohon trambesi di jalan trans Tutuyan tumbang. Warga minta pohon trambesi yang ditanam sepanjang jalan ibu kota Tutuyan sebainya di tebang saja, agar tidak menimbulkan korban jiwa.

Faruk Langaru

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*