Meike Mamahit (Ist)
Meike Mamahit (Ist)

Penyelewengan Dana Desa Sanksinya Pidana

POSTotabuan.com, BOLTIM- Inspektorat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Botim) terus melakukan pemantauan terhadap penggunaan Dana Desa (DD) di seluruh desa di Kabupaten Boltim. Hal tersebut dilakukan agar DD tersebut digunakan sebagaimana mestinya, agar pembangunan di desa berjalan sesuai rencana serta untuk dapat meningkat kesejahteraan masyarakat desa.

“Kita terus berharap agar seluruh sangadi (kepala desa) menggunakan DD sesuai peruntukanya, agar tidak memunculkan persoalan, termasuk persolaan hukum dikemudian hari, “ kata Kepala Inspektorat Boltim, Meike Mamahit baru-baru ini.

Pihaknya juga kata dia, mengharap agar masyarakat juga turun membantu memantau penggunaan dana desa. Pengelolaan dana desa harus memberikan ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk aktif terlibat dalam setiap proses pengelolaan keuangan.

“Jika ada indikasi penyalah-gunaan, silahkan dilaporkan. Maka kami akan melakukan langka tindaklanjut. Intinya agar DD benar-benar tepat sasaran, “ tegas dia.

Mamahit mengatakan dana desa harus dikelola secara tepat waktu dan tepat guna yang didukung dengan bukti bukti administrasi yang dapat dipertanggungjawabkan serta perpedoman pada peraturan perundangan yang berlaku.

“Setiap penggunaan dana harus disertai dengan pertanggungjawaban dan bukti yang sah, sebab jika terjadi penyewengan maka sanksinya pidana. Artinya, bagi yang korupsi uang negara harus di proses hokum, “ tukasnya.

Faruk Langaru

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*