Inspektorat Akan Pensus Keuangan Desa Tahun 2018

POSTotabuan.com,BOLTIM-Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Meike Mamahit mengatakan bahwa Inspektorat akan melakukan pemeriksaan khusus (pensus) penggunaan dana desa (DD) sejumlah desa di Kecamatan Kotabunan, tahun anggaran 2018.

Dia mengatakan, memang pemeriksaan dana desa tahun 2018 sudah dilakukan, namun ada beberapa desa yang belum memasukan surat pertanggung jawaban secara lengkap dengan bukti yang sah. Desa tersebut diantaranya Desa Bukaka, Desa Buyat Barat dan Desa Buyat Dua dan Desa Bulawan Satu.

“Dari 80 desa yang telah kami periksa, ada sejumlah desa penggunaan dana desa tahun 2018 kemarin, tidak ada pertanggunggung jawaban yang sah, sehingga beberapa desa tersebut perlu dilakukan pensus lagi, “ kata Mamahit, Rabu (12/6/19).

Untuk Desa Bulawan Satu, dia mengatakan pengeluaran dana desa tidak didukung dengan bukti yang lengkap dan sah, Artinya, setiap dana keluar hanya berupa laporan saja, tidak sertai dengan kwitansi belanja yang sah, Selain, temuan tersebut Inspektorat juga kata Mamahit, menemukan dana makan minum (MaMI) Desa Bulawan Satu yang bersimber dari dana desa tahun 2018, mencapai Rp 16 juta lebih.

“Jumlah keseluruhan yang kami dapati penggunaan Dana Desa Bulawan Satu tidak sertai dengan bukti yang sah mencapai Rp 100 juta lebih, makanya pensus ulang harus dilakukan supaya bisa diketahui penggunaan dana desa tersebut ada temuan atau tidak. Kalau temuan itu tuntutan ganti rugi atau TGR, jadi harus diembalikan ke kas daerah “ tegas Mamahit.

Sangadi Desa Bulawan Satu, Haris Lasambu membantah bahwa penggunaan dana makan minum didesanya sebesar itu. Menurutnya, dana MaMi yang dianggarkan desa itu cuma Rp 2 juta, tidak lebih dari itu, namun jika ada pemeriksaan ulang mereka siap. “Kami siap untuk diperiksa lagi, tapi saya rasa penggunaan dana desa kami sudah sesuai aturan, “ kata Haris.

Faruk Langaru

 

Komentar Facebook

Komentar

Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi *

*